3.089 Lowongan Kerja Dibuka di Kota Banjarmasin

0
12

SELASA, 21 MARET 2017

BANJARMASIN — Pemerintah Kota Banjarmasin membuka ajang Banjarmasin Career Expo (BCE), yang menawarkan beragam pekerjaan di Kota Banjarmasin. Pemerintah berharap ajang BCE yang diikuti oleh 42 perusahaan itu bisa menyerap banyak tenaga kerja, sekaligus menekan jumlah pengangguran.

Suasana pencari kerja di BCE 2107

“Setiap tahun, banyak lulusan sarjana dan SMA yang mencari kerja, tapi Pemerintah Daerah tentu belum sanggup menyerap semuanya. Maka, perusahaan swasta yang bisa menampung pencari kerja ini,” ujar Walikota Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, di sela pembukaan BCE 2017 di kawasan Menara Pandang, Jalan Pierre Tendean, Selasa (21/3/2017).

Ibnu mencatat, ada 8.000-an pencari kerja yang mendaftarkan diri di Dinas  Tenaga Kerja Kota Banjarmasin. Ia mengakui butuh banyak lowongan kerja untuk menekan pengangguran. Selain itu, Ibnu juga mendorong agar para remaja menekuni wiraswasta yang bisa membuka kesempatan kerja.

Seorang panitia BCE 2017, Fachrunisa, mengatakan, 42 perusahaan itu menawarkan 3.089 lowongan kerja. Sebelum menaruh berkas lamaran kerja di stan perusahaan, pencari kerja diharuskan mengisi aplikasi pendaftaran online di lokasi. Panitia membutuhkan data seberapa banyak pencari kerja yang mengunjungi stan-stan perusahaan selama job fair dibuka pada 21-23 Maret 2017. Mengutip catatan panitia, kata Fachrunisa, paling banyak adalah peluang kesempatan kerja sebagai pengemudi ojek dan taksi berbasis online yang jumlahnya mencapai 3.000 orang.

Jurnalis: Diananta P. Sumedi/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Diananta P. Sumedi

Komentar