9.403 Pelajar di Kota Jayapura Siap Hadapi UNBK

0
12

KAMIS, 23 MARET 2017

JAYAPURA — Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (USBN-BK) dan USBN Kertas Pensil (KP) berlangsung dari hari Senin hingga Kamis pada tingkat SMP  44 sekolah, SMA 25 sekolah, dan SMK 17 di Kota Jayapura. Ujian tersebut diharapkan menjadi modal awal peserta didik untuk menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan berlangsung pada April mendatang.

Proses USBN-BK di SMA N 2 Jayapura

“9.403 siswa siswi kelas IX SMP dan XII SMA dan SMK di Kota Jayapura siap mempertaruhkan nyalinya di UNBK bulan April besok,” sebut Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura, I Wayan Mudiasya kepada Cendana News, Kamis (23/03/2017).

Mantan kepala sekolah SMA Negeri 4 Jayapura ini telah memantau langsung pelaksanaan USBN-BK di 12 SMA di Kota Jayapura dan lima SMK, seperti SMK 7, SMA 6 dan SMK 4 di Distrik Muara Tami yang berlangsung dengan lancar.

 “Pada hari pertama sampai hari ini setelah saya pantau itu berjalan lancar dan didukung PT PLN juga PT Telkom. Di USBN-BK ini kedua perusahaan itu siaga satu, artinya semua personelnya stanby pada sekolah yang laksanakan USBN-BK,” kata I Wayan Mudiasya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura, I Wayan Mudiyasa

Dengan begitu, dikatakan I Wayan lancarnya listrik dan internet menjadi tolak ukur pelaksanaan UNBK yang akan berlangsung tanggal 3 April tingkat SMK dan tanggal 10 April tingkat SMA. Pihaknya optimis pelaksanaan tersebut berjalan lancar seratus persen.

“Mudah-mudahan saat UNBK nanti berjalan lancar, tak ada halangan dan atau hambatan. Sehingga hasil yang diharapkan juga memenuhi target yang tak mengecewakan kepada masyarakat, orang tua maupun kepada sekolah,” tuturnya.

I Wayan Mudiasya mengungkapkan juga terdapat empat kriteria yang menentukan kelulusan seorang siswa setelah menjalani UNBK nanti, yakni pertama mengikuti ujian sekolah, kedua, ujian nasional, ketiga, mempunyai nilai baik seperti nilai karakter PPKN dan Agama dan keempat, kedisiplinan dan kehadiran siswa itu sendiri saat jalani pendidikan disekolah masing-masing.

Dari pantauan Cendana News saat USBN-BK di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Jayapura sebanyak 382 siswa siswi yang terbagi di sebelas ruang kelas dan empat lab computer telah menjalani ujian sekolah tersebut sejak hari prtama hingga hari terakhir saat ini.

Ketua Panitia USBN-BK SMA Negeri 2 Jayapura, Alfons Derku

Alfons Derku selaku ketua panitia USBN-BK SMA Negeri 2 Jayapura mengatakan sebanyak 382 peserta telah ikuti ujian ini dengan lancar dan tak ada halangan.

“382 siswa ini, peminatan Bahasa ada 24 orang, IPA 224 orang dan peminatan IPS sebanyak 135 peserta,” kata Alfons.

Sementara Kepala SMA Negeri 2 Jayapura, Christina D.Widyastuti mengaku ada seorang murid yang harus menjalani ujian ini  dalam keadaan sakit akibat kecelakaan.

“Karena ini berbasis komputer, perangkat computer tak bisa kami bawa kerumah. Karena servernya kan ada disekolah,” kata Christina D.Widyastuti.

Jurnalis : Indrayadi T Hatta / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Indrayadi T Hatta

Komentar