Anggaran Terbatas, Disnaker Prioritaskan Program Kompetensi

0
14

KAMIS, 23 MARET 2017

BALIKPAPAN — Meski kondisi anggaran dilanda defisit, Dinas Tenaga Kerja tahun mendatang tetap memprioritaskan program kompetensi tenaga kerja. Mengingat program itu untuk meningkatkan keahlian tenaga kerja di tengah persaingan dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Kepala Dinas Tenaga Kerja Balikpapan, Tirta Dewi

Kepala Dinas Tenaga Kerja Balikpapan, Tirta Dewi mengatakan, usulan anggaran dengan program Disnaker tetap ada, namun usulan juga menyesuaikan kemampuan anggaran pemerintah. Namun, program kompetensi tetap menjadi prioritas.

“Melalui program kompetensi tenaga kerja dilatih keahlian, yang nantinya memperoleh sertifikat dan setelah dilatih dapat bersaing dengan tenaga kerja lainnya. Dari kompetensi ini juga meningkatkan SDM lokal sekaligus upaya mengurangi angka pengangguran,” jelasnya di Balikpapan, Kamis (23/3/2017).

“Tahun ini program kompetensi tetap ada, walau dipangkas. Tadinya ada enam kegiatan, kemudian dipangkas jadi lima kegiatan,” sambungnya Tirta.

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi mengatakan, kemampuan anggaran pemerintah kota untuk belanja hanya Rp260 miliar. Sedangkan usulan dalam Musrenbang mencapai Rp7 triliun.

“Kondisinya sekarang memang begitu, sementara usulannya begitu besar,” tukasnya.

Tak hanya itu, di tengah kondisi defisit pihaknya juga minta kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk tidak menyediakan makanan atau konsumsi saat rapat.

“Kita minta SKPD untuk hemat, sehingga kita semua harus menyesuaikan,” ujar Rizal.

Untuk diketahui Pendapatan Daerah Balikpapan tahun anggaran 2017 menurun dari semula ditargetkan sebesar Rp1,907 triliun menjadi Rp1,711 triliun atau berkurang sebesar Rp196,52 miliar.

Sehingga upaya yang dilakukan pemerintah kota dengan merasionalisasikan belanja pegawai dari komponen tunjangan tambahan penghasilan kinerja sebesar Rp51,20 miliar.

Jurnalis : Ferry Cahyanti / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Ferry Cahyanti

Komentar