Beda Data, Keluarga Miskin Belum Terima Raskin

0
23

SELASA, 28 MARET 2017

BALIKPAPAN — Akibat adanya perbedaan data keluarga miskin yang diberikan Kementerian Sosial dengan data yang dimiliki Pemerintah Kota, keluarga miskin (gakin) di Balikpapan belum menerima beras miskin (raskin) sejak Januari hingga Maret 2017. Karena adanya perbedaan data, saat ini Dinas Sosial bersama tim harus memilah dan memverifikasi data gakin sesuai angka yang diberikan pemerintah pusat.

Sri Soetantinah.

Asisten II Bidang Pembangunan dan Ekonomi Setdakot Balikpapan, Sri Soetantinah, menerangkan, data yang diberikan pemerintah pusat sebanyak 9.639 Kepala Keluarga (KK), sedangkan data pemerintah kota sebanyak 10.625 KK. Dengan demikian, ada selisih 1000 KK sehingga pemerintah kota harus melakukan verifikasi sesuai kriteria pemerintah pusat dalam pendataan keluarga miskin.

“Data yang dimiliki pusat itu masih 27 kelurahan, sementara kita sudah 34 kelurahan. Tidak mudah kan memilah 1000 KK di 34 kelurahan,” jelasnya ,Selasa (28/3/2017).

Dalam perbedaan data ini, kata perempuan yang akrab disapa Tantin ini, tidak pernah mengusulkan jumlah kepada pemerintah pusat. “Data itu langsung ada dari pusat, karena data yang digunakan tahun 2015 dan 2016 sebanyak 10.625 KK. Ternyata muncul ditetapkan 9.600-an,” tandasnya.

Dia menambahkan, terkait perbedaan data itu, pemerintah kota sudah menyurati pusat, namun upaya yang kini dilakukan yakni menyesuaikan data verifikasi by name by addres.

Beras di Bulog.

“Targetnya verifikasi bulan ini sudah selesai, sehingga di bulan April diserahkan dengan dirapel dari bulan Januari,” tambahnya.

Jurnalis: Ferry Cahyanti / Editor: Satmoko / Foto:  Ferry Cahyanti

Komentar