Gerakan Cuci Tangan Serentak Hiasi HUT ke-43 PPNI

0
8

JUMAT, 17 MARET 2017

LAMPUNG — Peringati hari ulang tahun (HUT) ke-43 Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), seluruh perawat yang tergabung dalam PPNI Kabupaten Lampung Selatan menggelar kegiatan cuci tangan enam langkah di semua pusat pelayanan kesehatan.

kegiatan cuci tangan enam langkah

Ketua PPNI Lampung Selatan, Jauhari menyebutkan, gerakan dilakukan serentak setelah peringatan upacara HUT PPNI ke-43 dan melibatkan semua perawat yang bertugas di Puskesmas, rumah sakit dan masyarakat.

“Khusus di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Bob Bazaar SKM, melibatkan perawat yang bertugas di semua ruang termasuk keluarga pasien, pembesuk hingga anak anak kecil yang ikut menunggu pasien di rumah sakit tersebut,” sebut Jauhari di RSUD Bob Bazaar Kalianda, Jumat (17/3/2017).

Jauhari [kanan] ketua PPNI Kabupaten Lampung Selatan ikut gerakan cuci tangan bersama perawat di RSUD Bob Bazaar

Dijelaskan, perawat mendemonstrasikan menggunakan sabun khusus cuci tangan dengan gerakan gerakan yang benar. Khusus di RSUD Bob Bazaar Kalianda gerakan cuci tangan diikuti oleh ratusan peserta yang diselenggarakan di lorong rumah sakit.

“Para keluarga pasien cukup antusias karena perawat memandu kegiatan cuci tangan yang benar menggunakan iringan musik, tata cara yang benar dan juga setelah cuci tangan ada hadiah menarik,” sebutnya.

Kegiatan cuci tangan bersih tersebut ungkap Jauhari merupakan bagian dari “gerakan perawat mendukung masyarakat sehat” yang menjadi tema besar peringatan HUT ke-43 PPNI. Selain itu, program bentuk kepedulian perawat di Lampung Selatan di antaranya gerakan “Satu perawat sepuluh rumah” dalam upaya sosialisasi gerakan cuci tangan bersih yang akan digelar mulai tanggal 20 Maret hingga 30 Maret.

“Kalau satu perawat bisa menjangkau masyarakat maka gerakan mendukung masyarakat sehat benar benar bisa tercapai dan perawat bisa benar-benar melayani masyarakat,” ungkap Jauhari.

Gerakan cuci tangan bersama warga di Puskesmas Gunung Bahagia kota Balikpapan

Sementara itu, hal serupa juga dilakukan di Balikpapan. Di Puskesmas Gunung Bahagia kota Balikpapan misalnya, aksi cuci tangan serentak dilakukan bersama warga setempat mulai pukul 07.30 wita Jumat pagi (17/4), yang dilanjutkan dengan olahraga pagi dan penyuluhan sayuran sehat.

Wakil Ketua Organisasi dan Pengkaderan PPNI kota Balikpapan, Imam Zaenal mengatakan, dalam peringatan hari perawat ini melakukan gerakan cuci tangan massal bersama masyarakat yang dilakukan di beberapa titik yakni rumah sakit, puskesmas dan beberapa sekolah.

“Ini salah satu kegiatan aksi cuci tangan ini, yang tujuannya agar masyarakat memahami cara mencuci tangan yang benar. Lainnya kami juga melakukan penyuluhan dan seminar keperawatan yang temanya tentang meningkatkan kualitas hidup lanjut usia,” jelasnya saat ditemui di Puskesmas Gunung Bahagia, Jumat pagi, (17/3/2017).

Jurnalis : Henk Widi dan Ferry Cahyanti / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Cendana News

Komentar