Green Generation Galakkan Pemanfaatan Air Limbah

0
18

RABU, 22 MARET 2017

BALIKPAPAN — Kelompok Green Generation (GG), sebuah organisasi berbasis siswa dan pemuda di Kota Balikpapan yang peduli terhadap lingkungan, mulai menggalakkan pemanfaatan air. Pemanfaatan air rumah tangga hingga pemanfaatan limbah air di sekolah.

Nurul Widayati.

Pembina Green Generation Balikpapan, Nurul Widayati, mengungkapkan, GG tidak hanya melakukan kegiataan dalam pengelolaan sampah dan mengajak masyarakat untuk menanam pohon. Namun, peduli lingkungan juga peduli terhadap penggunaan air. “Kita tahu kan kalau Balikpapan ini saat kemarau datang selalu mengalami krisis air, kemudian saat hujan air berlimpah,” katanya, saat ditemui, Rabu (22/3/2017).

Nurul menjelaskan, melalui pemikiran itu, maka GG berusaha menggalakkan pemanfaatan air hujan dengan menampung, selanjutnya dimanfaatkan untuk kegiatan sehari-hari. Sedangkan pemanfataan air limbah, dimulai dari sekolah, yakni air limbah wudhu kemudian digunakan untuk menyiram tanaman, dan kolam ikan lele dengan membudidayakan tambak ikan skala kecil di sekolah.

“Tahun ini, tema hari air sedunia, yakni pemanfaatan air limbah. Dari tema itu dan kondisi Kota Balikpapan yang defisit, maka pemanfaatan air yang lebih maksimal mulai dilakukan dari air bersih hingga air limbah,” tukas Nurul.

Menurut Nurul, beberapa sekolah di Balikpapan seperti SMP Negeri 18 dan SMA Negeri 5 sudah mulai melakukan pemanfaatan air limbah. Sehingga air limbah itu dapat bermanfaat maksimal.

Selain itu, GG juga mulai menyasar sekolah dasar dan taman kanak-kanak. Dengan tujuan pendidikan dasar dalam kepedulian terhadap lingkungan dimulai dari usia dini dan sekolah dasar. “Dari hal ini, maka anak-anak bisa mengajak orang tua dalam pengelolaan sampah dan pemanfaatan air. Sekaligus pendidikan karakter juga dapat, khususnya peduli terhadap lingkungan,” gebunya.

Nurul menambahkan, dalam GG, banyak sekolah dan siswa yang terlibat kegiatan menanam pohon, pembibitan, penanaman melalui hidroponik dan aquaponik, pemanfaatan air rumah tangga, hingga pemanfaatan air limbah.

Jurnalis: Ferry Cahyanti / Editor: Satmoko / Foto:  Ferry Cahyanti

Komentar