Indonesia Butuh 4.700 Triliun Rupiah Bangun Infrastruktur dalam 5 Tahun

0
12

RABU, 22 MARET 2017

JAKARTA — Dibandingkan dengan 20 Negara yang tergabung dalam keanggotaan G-20, Indonesia termasuk salah satu negara dengan percepatan pembangunan dan infrastruktur yang terbilang masih tergolong rendah atau tertinggal dengan pembangunan infrastruktur negara maju lainnya di dunia.

Menteri Kuangan Sri Mulyani

Terkait dengan hal tersebut, Menteri Keuangan (Menkeu) Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati dalam jumpa persnya menjelaskan seputar hasil-hasil yang dicapai dalam pertemuan anggota negara-negara G-20 di Amerika Serikat beberapa waktu yang lalu.

Sri Mulyani memperkirakan Pemerintah Indonesia sedikitnya membutuhkan anggaran sebesar 4.700 triliun rupiah untuk mengejar ketertinggalan khususnya di bidang pembangunan infrastruktur dalam kurun waktu 5 tahun ke depan.

Pembangunan infrastruktur di Indonesia memang mutlak diperlukan, di antaranya untuk mengejar ketertinggalan pembangunan negara maju lainnya, kemudian mengurangi kemiskinan dan kesenjangan sosial serta untuk menjaga pertumbuhan perekonomian supaya stabil.

“Pembangunan infrastruktur di Indonesia bisa dibilang masih relatif rendah atau tertinggal apabila dibandingkan dengan pembangunan infrastruktur negara maju lainnya, khususnya negara-negara Anggota G-20 lainnya. Indikatornya bisa dilihat berdasarkan mobilisasi belanja negara di bidang infrastruktur, indeks kompetitif global dan belanja negara” jelas Sri Mulyani kepada wartawan di Jakarta, Rabu (22/3/2017).

Jurnalis: Eko Sulestyono/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Eko Sulestyono

Komentar