Kesebelasan Perseftim Ungguli Persami Jakarta

0
30

MINGGU, 26 MARET 2017

MAUMERE — Kesebelasan Persatuan Sepak Bola Flores Timur (Perseftim) asal Kabupaten Flores Timur, menang atas kesebelasan Persatuan Sepak Bola Maumere (Persami) Jakarta, dalam laga pembuka pertandingan persahabatan antar 3 klub menjelang Turnamen El Tari Memorial Cup di Endi, pada Juli 2017, mendatang.

Kesebelasan Perseftim kabupaten Flores Timur

Perseftim yang memboyong pemain baru selain satu-dua pemain yang berlaga di Turnamen El Tari Memorial Cup di Maumere 2015, turun dengan kepercayaan penuh, meski harus berhadapan dengan Persami Jakarta yang beberapa pemainnya bermain di klub-klub besar di Pulau Jawa.

Saat pertandingan baru memasuki menit keenam, Rahman Abubakar, Kapten Perseftim sudah merobek gawang Persami Jakarta yang dikawal Rian. Memanfaatkan umpan silang, Rahman mencongkel bola melewati kiper yang terlanjur maju menutup pergerakan.

Tak mau kehilangan muka, Persami Jakarta pun menggebrak dengan permainan cepat lewat umpan panjang dari kedua sayap pertahanan  Perseftim. Taktik ini hampir membuahkan gol, andai tendangan Yanu, pemain dengan nomor punggung 7 tidak melenceng jauh di atas mistar gawang Perseftim yang dikawal Yusuf Talkim.

Namun, kerja keras Persami Jakarta akhirnya membuahkan gol di menit ke-20. Memenfaatkan tendangan bebas Iqbal, pemain nomor punggung 10, melepaskan tendangan keras mendatar yang bersarang di pojok kanan gawang Perseftim, dan mengubah kedudukan menjadi 1-1.

Menit ke-41, Patisari Aukoli membuat Perseftim kembali unggul lewat tendangan kaki kerasnya yang mengecoh kiper Persami Jakarta. Gol ini membuat permainan Persami Jakarta berubah total dan mulai mengatur tempo permainan dengan operan pendek yang sesekali membahayakan barisan pertahanan Perseftim.

Manager Persami Jakarta dan Perseftim bersalaman sebelum pertandingan digelar.

Marco membangkitkan semangat Persami Jakarta lewat tendangan pelan terarah memanfaatkan kemelut di dalam kotak pinalti Perseftim, dan berhasil mengubah kedudukan menjadi 2-2 di menit ke-59. Namun, permainan cepat tim Perseftim tidak bisa diimbangi Persami Jakarta. Umpan-umpan panjang dari sayap kanan pertahanan Persami Jakarta tidak mampu dibendung barisan pertahanan Persami di bawah komando Jefri, selaku Kapten Tim. Kerja keras Perseftim pun berbuah gol lewat serangan cepat lewat umpan-umpan panjang ke area pertahanan Persami.

Baskara dan Patisari kembali membuat kiper Persami secara beruntun di 10 menit terakhir pertandingan harus memungut bola yang bersarang di jalanya, dan mengubah kedudukan menjadi 4-2 untuk kemenangan Perseftim.

Manager Tim Perseftim, Valens Tukan, mengaku puas atas hasil yang dicapai timnya. Ia berharap, agar Perseftim bisa terus menjaga pola permainan dan harus memperbaiki pertahanan dan kerjasama tim. “Saya puas dengan hasil ini, meski hanya pertandingan persahabatan, namun ini bisa menjadi ajang seleksi bagi pemain yang akan berlaga di kejuaraan El Tari Memorial Cup nanti di Ende,” ujarnya.

Valens juga mengaku akan melakukan evaluasi bersama tim pelatih, agar Perseftim bisa lebih siap menghadapi tuan rumah kesebelasan Persami Maumere besok, Senin (27/3/2017) sore.

Sementara itu, Ense Solapung da Cunha, Tim Official Persami Jakarta mengaku puas dengan penampilan timnya dan mengakui keunggulan anak-anak Perseftim yang tetap melakukan serangan gencar di menit-menit akhir pertandingan. “Kita harus akui pemain Perseftim unggul dalam berlari dan lewat permainan cepat mereka di menit akhir pertandingan membuat barisan pertahanan kami sedikit kerepotan, dan bisa memanfatkan menurunnya stamina untuk memetik kemenangan,” ungkapnya.

Jurnalis: Ebed De Rosary/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Ebed De Rosary

Komentar