Kesehatan Gratis untuk 200-an Anak di Perbatasan RI-PNG

0
13

JUMAT, 31 MARET 2017

JAYAPURA — Sebagai bentuk peduli kesehatan terhadap anak, Yayasan Pesat (Pelayanan Desa Terpadu) menggandeng Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 122 Tombak Sakti guna memeriksa kesehatan dan pengobatan secara gratis terhadap anak-anak di Kampung Skouw Sae dan Skouw Yambe perbatasan RI-PNG, Kota Jayapura, Jumat (31/03/2017).

Petugas Medis dari Yonif 122 TS memeriksa kesehatan gigi seorang anak pada salah satu sekolah di Distrik Muara Tami.

Awalnya kunjungan pemeriksaan kesehatan luar dan dalam serta pengobatan itu, beberapa anak sempat takut dan malu-malu untuk diperiksa. Namun setelah petugas medis dari Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 122/TS dan Yayasan Pesat Cabang Jayapura berikan pemahaman, dua ratusan anak-anak itu beranikan diri maju satu demi satu untuk diperiksa.

Pimpinan Yayasan Pesat Cabang Jayapura, Aris Susilo Putro mengaku tertarik bekerjasama dengan TNI di perbatasan, karena TNI telah memiliki banyak tenaga medis yang profesional dan mampu menjangkau  pelosok masyarakat perbatasan RI-PNG.

“Kami tahu aktivitas TNI sampai ke pelosok-pelosok desa. Satgas Pamtas ini kan memiliki  dokter dan tim medisnya yang profesional dan telah berpengalaman di bidangnya,” kata Aris.

Di tempat yang sama, salah satu koordinator Yayasan Pesat cabang Jayapura Daslima Sihotang dari pemeriksaan ini, tak ada anak di perbatasan RI-PNG ditemukan mengidap penyakit kronis.

“Hasil pemeriksaan yang kita lakukan hari ini tidak ditemukan adanya penyakit kronis. Sebagian dari mereka hanya ada yang menderita flu dan demam. Kami telah memberikan pengobatan langsung kepada mereka, dan harapannya cepat sembuh,” ungkap Daslima.

Di tempat terpisah, Dan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 122/TS, Mayor Inf Sigit Sugiharto memberi apresiasi terhadap yayasan tersebut karena mau menggandeng pihaknya secara bersama-sama melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan terhadap anak-anak di Kota Jayapura, Papua.

“Saya berharap kegiatan ini tetap terus dilakukan secara terpadu di seluruh lapisan masyarakat di perbatasan, terlebih di pelosok-pelosok daerah pedalaman Papua,” ujar Mayor Inf Sigit Sugiharto.

Sekedar diketahui, Yayasan Pesat Cabang Jayapura tersebut berdiri sejak 1987 yang telah melakukan berbagai kegiatan sosial di wilayah Kota Jayapura dan sekitarnya. Bahkan, juga terdapat di daerah-daerah kabupaten dan  kota lainnya di Papua.

Jurnalis: Indrayadi T Hatta/Redaktur: Irvan Sjafari/Foto: Indrayadi T Hatta

Komentar