Kota Manado Dikepung Banjir

0
14

RABU, 22 MARET 2017

MANADO — Hujan deras yang turun selama dua jam di Kota Manado, membuat sejumlah wilayah tergenang banjir dengan ketinggian bervariasi antara 45-100  centi meter, Rabu (22/3/2017). Banjir menggenangi kawasan yang berada di dekat bantaran Sungai Tondano yang bercabang di beberapa Kelurahan di Kota Manado.

Suasana banjir di Kelurahan Tingkulu KompLeks Perumahan Kejaksaan

Dari data yang diterima Tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) BPBD Manado,  9 Kelurahan terkena banjir dengan ketinggian hingga 1 meter. Di Kelurahan Mahawu Lingkungan 4 (Kampung Jengki), air menggenangi rumah warga setinggi sekitar 50 centi meter. Di Kelurahan Sumompo, air merendam 10 rumah dan satu sekolah dengan ketinggian sekitar 50 centi meter. Di Kelurahan Tingkulu, air merendam belasan rumah di Kompkeks Kejaksaan dengan ketinggian sekitar 65 cnti meter hingga 1 meter.

Di Kelurahan Ranomut, ketinggian air mencapai 100 centi meter dan merendam sejumlah rumah dan jalan raya perkamil (kawasan pacuan kuda) dan Perumahan Liwas. Kelurahan Sario, banjir merendam pemukiman warga serta Kantor Ajenrem dan Jalan Raya dengan ketinggian sekitar 50 centi meter. Kelurahan Paal Dua (belakang Pasar Segar), air merendam beberapa rumah dengan ketinggian air sekitar 45 centi meter.

Kelurahan Wanea, air merendam Perumahan Kejaksaan dengan ketinggian 80 centi meter. Kelurahan Bailang Lingkungan 4, air merendam hingga ketinggian sekitar 25 centi meter dan merendam Panti Asuhan Assalaam. Di Kelurahan Paal 4 Lingkungan 4, air merendam puluhan pemukiman warga.

Salah satu warga Kelurahan Tingkulu, Jeane Sumilat, menuturkan, hujan yang hanya berlangsung sekitar dua jam membuat air begitu cepat masuk ke rumah warga, sehingga banyak yang tidak menyangka akan terjadi banjir. “Hujan turun sekitar pukul 13:00 Wita, tapi sangat lebat, sehingga banyak titik banjir”, katanya.

Sumilat berharap, Pemerintah Daerah serius menangani masalah banjir di Kota Manado, agar kejadian serupa tidak terus terjadi. “Kami sebagai warga berharap Pemerintah bisa segera bertindak, agar masalah banjir di daerah ini bisa teratasi dengan baik”, ungkapnya.

Jurnalis: Ishak Kusrant/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Ishak Kusrant

Komentar