KPU Jatim Resmikan Rumah Pintar Pemilu di Kabupaten Ponorogo

0
16

JUMAT, 31 MARET 2017

PONOROGO –– Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur, Eko Sasmito hadir di bumi reog untuk meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang terletak di Jalan Soekarno Hatta No. 41, Ponorogo pada Jumat (31/3/2017). Menurutnya, RPP ini merupakan program dari KPU RI untuk seluruh KPU yang ada di Indonesia sebagai wahana untuk memberikan pendidikan pemilu bagi masyarakat. 

Peresmian Warok di Ponorogo.

Hadirnya RPP di Kabupaten Ponorogo diharapkan bisa menjadi salah satu rujukan bagi masyarakat yang ingin belajar terkait tahapan pemilu.

“Ini sesuai dengan UU Nomor 2 Tahun 2012 terkait kewajiban KPU untuk memberikan edukasi tentang pemilih,” jelasnya kepada Cendana News di lokasi.

RPP ini, lanjutnya, tidak hanya ada di Jawa Timur namun juga di seluruh KPU yang ada di Indonesia. Untuk Jawa Timur sendiri target peresmiannya antara Maret–April. Eko menyebutkan sudah ada beberapa kota dan kabupaten yang melakukan peresmian di antaranya Nganjuk, Ngawi, Kediri, Trenggalek, Pacitan, Tulungagung dan Magetan.

“Dan sekarang di Ponorogo, beruntung kegiatan RPP ini mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo,” ujarnya.

Dalam berdirinya RPP ini, difokuskan kepada lima segmentasi pemilih yakni pemilih pemula, perempuan, difabel, pinggiran dan tokoh masyarakat. Dipilihnya kelima segmentasi ini karena menyangkut tingkat kerawanan mereka tentang pemilu.

“Selain itu juga perlunya RPP untuk menekan kecurangan juga saat pemilu,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Ponorogo, Soedjarno menambahkan untuk di Ponorogo sendiri RPP diberi nama Warok atau Warung Kepemiluan sesuai dengan budaya yang ada di bumi reog. Hal ini untuk memudahkan masyarakat dalam mengingat nama RPP yang di Ponorogo.

“Apalagi di dalam Warok terdapat beberapa wahana yang dapat memudahkan masyarakat dalam memahami tentang pemilihan, mulai dari alat permainan, buku, film, miniatur pemilu dan juga foto,” tandasnya.

Diharapkan dengan adanya Warok ini mampu meningkatkan jumlah partisipasi masyarakat secara signifikan saat ada program dari KPU maupun saat pemilu.

“Mudah–mudahan program ini berjalan sesuai rencana dan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat,” pungkasnya.

Jurnalis: Charolin Pebrianti/Redaktur: Irvan Sjafari/Foto: Charolin Pebrianti

Komentar