Ratusan Massa FMPJS Gelar Aksi Unjuk Rasa di Gedung KPK

0
16

RABU, 29 MARET 2017

JAKARTA — Suasana di depan Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jalan Kuningan Persada, Kuningan, Jakarta Selatan siang ini tampak terlihat ramai. Saat ini sedang berlangsung  aksi unjuk rasa dan demonstrasi yang diikuti ratusan massa yang mengatasnamakan diri Front Mahasiswa Peduli Jaminan Sosial (FMPJS).

Ratusan aksi massa FMPJS berunjuk rasa di depan Gedung KPK Jakarta.

Berdasarkan pantauan Cendana News langsung dari Gedung KPK Jakarta, kegiatan aksi demonstrasi atau aksi unjuk rasa dimulai pada Rabu siang (29/3/2017) sekitar pukul 12:00 WIB. Aksi unjuk rasa yang diperkirakan diikuti lebih dari 500 orang mendapatkan penjagaan dan pengawalan ketat dari anggota kepolisian setempat.

Ada 5 tuntutan yang disampaikan ratusan massa aksi pengunjuk rasa di depan Gedung KPK Jakarta, di antaranya adalah:

1. Mendesak KPK agar menindak tegas Rumah Sakit (RS) atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang diduga terindikasi Fraud atau korupsi.

2. Mendesak Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk membatalkan nota kesepahaman atau Memorandum of Understandings (MoU) dengan BPJS terkait kewajiban kepesertaan mahasiswa baru ikut Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

3. Mendesak Presiden Joko Widodo untuk mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) agar lembaga penegak hukum segera menindak Rumah Sakit (RS) yang diduga telah melakukan Fraud atau korupsi.

4. Mendesak Presiden segera menarik seorang anggota Dewan Pengawas (Dewas) yang berinisial SAB dari BPJS Ketenegakerjaan sesuai rekomendasi tim Panel Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN). Mendesak DJSN segera memeriksa seorang anggota Dewas berinisial PH yang diduga ikut melakukan korupsi di BPJS Ketenagakerjaan.

5. Mendesak Presiden Republik Indonesia menindaklanjuti rekomendasi tim panel (DJSN) agar segera memecat anggota Dewas dan Direksi BPJS yang terindikasi kuat melakukan pelanggaran kode etik, yaitu Fraud atau korupsi di BPJS.

Lima tuntutan aksi massa yang mengatasnamakan diri FMPJS.

“Hari ini, ratusan massa yang mengatasnamakan dirinya dari Front Mahasiswa Peduli Jaminan Sosial (FMPJS) kembali mendatangi Gedung KPK. Ada 5 tuntutan yang disampaikan dalam aksi unjuk rasa tersebut, intinya agar kasus dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) di BPJS segera diselidiki oleh KPK atau lembaga penegak hukum lainnya,” kata Sahrul Ramadhan, Koordinator FMPJS di depan Gedung KPK Jakarta, Rabu siang (29/3/2017).

Jurnalis: Eko Sulestyono / Editor: Satmoko / Foto: Eko Sulestyono

Komentar