Berkat Tabur Puja, Tiga Anggota Posdaya Jeruk Kelola PAUD dan Kelompok Bermain

0
12

SELASA, 4 APRIL 2017

JAKARTA — Ratna Riasari (50), Yati Khomariah (48) dan Ibu Siti Riyani (42) merupakan tiga orang anggota Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) Jeruk yang berada di Kelurahan Lenteng Agung, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.  Tiga serangkai ini  sejak lama memiliki niat untuk memberikan dan memajukan pendidikan bagi anak. Kini keinginan mereka mengelola Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Kelompok Bermain (KB) sudah terkabulkan karena Program Tabur Puja.

Ketua Posdaya Jeruk, Novita Setiawati (paling kanan) dan Dua Anggota Posdaya Jeruk bersama peserta didik PAUD KB Sundari Kid’s.

Lembaga pendidikan yang mereka kelola bernama PAUD KB Sundari Kid’s yang bertempat di Jl. Gg. H. Naseh Nomor 8 RT 011 RW 04, Kelurahan Lenteng Agung, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

PAUD ini merupakan kerjasama Posdaya Jeruk dengan Yayasan Mutiara Citra Lestari. Dalam keseharianya ada tiga anggota Posdaya Jeruk terlibat aktif, Ratna Riasari , Kepala Paud KB, Siti Riyani, Tata Usaha dan Yati Khomariah, tenaga pengajar.

“Kami bersyukur melalui Posdaya Jeruk dan di bawah pembinaan kelurahan kami bisa mengabdikan diri kami untuk memajukan pendidikan anak usia dini yang berada di sekitar kami,” ujar Yati Khomariah kepada Cendana News di ruang kerjanya, Selasa (4/4/2017).

Perempuan yang  karib dipanggil Bu Khomar  bercerita pada 2012  program Simpan Pinjam Tabungan Kredit Pundi Sejahtera (Tabur Puja) Yayasan Damandiri masuk ke tempatnya tinggalnya. Dia   melihat ada manfaat dengan adanya Posdaya ini.

Posdaya Jeruk mempunyai program bagi anggotanya bisa meminjam  uang untuk dijadikan tambahan modal. Pinjaman dapat diajukan tanpa adanya agunan dan syarat yang memberatkan. Khomariah ingin mengubah nasibnya  diri keluarga khususnya, serta ingin  mengubah nasib masyarakat sekitar pada umumnya.  Khomariah segera memanfaatkan program pinjaman itu.

Melalui Tabur Puja, Khomariah meminjam modal. Pertama, sesuai aturan, ia meminjam uang sebesar Rp2 juta. Uang pinjaman itu digunakannya untuk membeli kebutuhan Koperasi PAUD KB  untuk penyediaan seragam dan buku-buku bacaan ringan bagi anak-anak didiknya.

PAUD yang dikelola Komariah dan kawan-kawannya masih menghadapi kendala, seperti kurangnya ruang kelas tambahan dan alat permainan bagi siswa didiknya.  Tapi itu tidak mengurangi semangat mereka untuk melakukan pendidikan edukatif bagi anak usia dini.  Hanya terdapat dua ruang kelas untuk  30 anak didik

“Ada 30 anak didik disini  dibagi menjadi Kelompok Bermain, Kelas A dan Kelas B,” tambahnya.

Untuk diketahui, Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) Jeruk merupakan salah satu unit Posdaya di Provinsi DKI Jakarta yang berkedudukan di Rukun Warga (RW) 2, 3, dan 4 Kelurahan Lenteng Agung, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta  Selatan. Posdaya merupakan salah satu bagian dari Program Pemberdayaan Masyarakat yang diinisiasi oleh Yayasan Damandiri dalam programnya yang bernama Tabur Puja (Tabungan Kredit Pundi Sejahtera).

Jurnalis: Bayu A Mandreana/ Redaktur: Irvan Sjafari/Foto: Bayu A Mandreana

Komentar