Gunakan 70 Komputer Siswa SMKN 1 Bakauheni Dibagi Dalam Tiga Sesi

0
16

SENIN, 03 APRIL 2017

LAMPUNG — Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mulai dilakukan di sejumlah sekolah,  salah satunya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Bakauheni yang berada di Desa Kelawi Kecamatan Bakauheni, Lampung.

Ismargono, Kepala Sekolah SMKN 1 Bakauheni Lampung Selatan

Kepala Sekolah SMKN 1 Bakauheni, Ismargono, M.Pd mengatakan, sesuai dengan jadwal pelaksanaan dilakukan sejak Senin (3/4) hingga Kamis (6/4) dengan menggunakan empat ruangan yang dipersiapkan. Karena di sekolah hanya terdapat 70 unit komputer, 200 siswa yang mengikuti ujian terpaksa dibagi dalam tiga sesi selama satu hari pelaksanaan.

“Selain keterbatasan fasilitas ujian kita lakukan dengan sistem sesi dari pagi hingga sore dengan sistem siswa mengikuti jadwal yang telah ditentukan sesuai ruangan dan nomor ujian,” ungkap Ismargono kepada Cendana News di sekolah tersebut, Senin (3/4/2017).

Disebutkan, sesi pertama sebanyak 70 siswa, sesi kedua sebanyak 70 siswa dan sesi ketiga sebanyak 60 siswa. Sementara jadwal ujian sesi pertama mulai pukul 07:30 WIB hingga pukul 09:30 WIB, sesi kedua mulai pukul 10:00 WIB hingga pukul 12:00 WIB dan sesi ketiga dimulai dari pukul 13:00 WIB hingga pukul 15:00 WIB.

“Sebagai antisipasi siswa tidak terlambat Ismargono mengungkapkan sesuai aturan para siswa peserta UNBK harus sudah berada di sekolah 30 menit sebelum pelaksanaan ujian,” katanya.

Selama pelaksanaan UNBK ia mengaku pihak sekolah telah melakukan antisipasi pasokan listrik dari PLN jika terjadi pemadaman dengan menggunakan mesin genset dan sebanyak tiga server disediakan masing masing satu buah unintterruptible power supply (UPS) untuk memback up listrik ketika komputer kehilangan energi listrik dari PLN.

Salah satu siswa SMKN 1 Bakauheni, Andini mengaku masih menunggu untuk ujian sesi ketiga dan ia harus datang lebih awal karena tinggal di rumah yang jauh dari sekolah. Mengikuti UNBK dengan jadwal pada sore hari diakuinya selalu membuatnya harus siaga.

“Biasanya sekolah pada pagi hari dan selama pelaksanaan UNBK harus masuk siang,” sebutnya sambil menunggu jadwal ujian.

Andini salah satu siswa yang ikut UNBK sesi tiga sudah datang satu jam sebelum pelaksanaan ujian

Selama pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMK baik yang berbasis komputer (UNBK) dan UNKP (berbasis pensil dan kertas) pihak kepolisian dari Polres Lampung Selatan dan polsek jajaran juga dilibatkan melakukan pengawasan. Pola pengamanan dengan melibatkan satu personel polisi juga dilakukan dengan fungsi pengawasan agar tidak terjadi persoalan selama ujian.

“Kita hanya melakukan pengawasan saja agar berjalan normal dan tidak masuk ke kelas hanya di luar,” sebut ajun inspektur dua Nurkholis anggota Polsek Penengahan yang melakukan pengawasan.

Jurnalis : Henk Widi / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Henk Widi

Komentar