Kemenko PMK: Rastra 2017 Disalurkan dengan Mekanisme Baru

0
23

SELASA, 4 APRIL 2017

SIDOARJO — Beras untuk keluarga sejahtera (Rastra) yang berubah menjadi Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sejak 2017 akan dilaksanakan dengan menggunakan mekanisme baru. Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan diberikan kartu dari bank penyalur yang berisi uang senilai Rp110.000 per KPM per bulan. 

Launching san Sosialisasi Program Subsidi Rastra san Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Provinsi Jawa Timur Tahun 2017 di Sidoarjo

Kartu tersebut hanya dapat dipakai untuk membeli bahan pangan pada harga pasar di e-warong yang merupakan agen LKD atau Laku Pandai dari bank milik negara (Himbara). e-warong mencakup: e-warong KUBE PKH, Rumah Pangan Kita (RPK) Perum BULOG, dan pedagang kecil bahan pangan yang terdapat di lingkungan/pasar rakyat.

“Untuk tahun 2017 ini, distribusi Subsidi Rastra dan BPNT dilaksanakan secepatnya, koordinasi penyaluran Subsidi Rastra di daerah dilaksanakan oleh Tim Koordinasi Rastra Provinsi dan Kabupaten Kota,” sebut Asisten Deputi bidang Kompensasi Sosial pada Kedeputian bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, G Fajar Suryono saat menjadi nara sumber Rakor Launching dan Sosialisasi Program Subsidi Rastra dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Provinsi Jawa Timur Tahun 2017 di Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (04/04).

Disebutkan, data penerima manfaat (by name by address) dari Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) akan diserahkan ke Bank Himbara, melalui kerjasama dengan BI, OJK, Kemsos dan Kemenko PMK.

“Pelaksanaan penyaluran subsidi Rastra dan BPNT ini menggunakan pedoman tersendiri dan dikoordinasikan dengan melibatkan Kemsos, Perum BULOG, BI, OJK, TNP2K, Bappenas, Tikor Rastra Provinsi dan Kabupaten/Kota,” paparnya.

Pemerintah telah mulai melakukan transformasi Rastra dari pola subsidi menjadi bantuan sosial sehingga Program Rastra berubah menjadi Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sejak 2017.

Hal ini sesuai dengan arahan Presiden agar seluruh bantuan sosial diberikan secara non tunai melalui sistem perbankan, sehingga Pemerintah mudah untuk mengontrol, mengecek, dan mengurangi terjadinya penyimpangan. Pelaksanaan program BPNT tahun 2017 akan dilaksanakan secara terbatas di 44 kota, sedangkan 470 kabupaten kota lainnya masih akan tetap mendapatkan subsidi Rastra reguler.

Sementara itu, pagu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Subsidi Beras Sejahtera (Rastra) Tahun 2017 sebanyak 14.212.742 KPM. Setiap KPM akan menerima Rastra sebanyak 15 kg per bulan, untuk alokasi 12 bulan, dengan Harga Tebus Raskin/Rastra (HTR) sebesar Rp1.600 per kg di Titik Distribusi (TD).

“Jumlah KPM untuk Jawa Timur mencapai 2.742.633 dengan jumlah bantuan sekitar 493,67 ton dan total anggarannya mencapai Rp3,7 triliun, sementara untuk BPNT jumlah KPM di Provinsi Jawa Timur mencapai 147.296 KPM,” kata Fajar lagi.

Jurnalis : Shomad Aksara / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Istimewa

Komentar