Melalui Musrenbang Kota Balikpapan, Enam Kecamatan Usul 1.513 Kegiatan

0
18

RABU, 5 APRIL 2017
 
BALIKPAPAN — Pasca Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Balikpapan tahun 2017, terhimpun 1.513 usulan masuk dari enam kecamatan di Balikpapan. Dari 1.513 usulan tersebut dengan total anggaran sebesar Rp7,97 triliun.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Balikpapan, Nining Surtiningsih.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Balikpapan, Nining Surtiningsih, mengungkapkan, dari usulan anggaran Rp7 triliun, Balikpapan Barat ada 252 kegiatan yang mayoritas usulannya merupakan pembangunan fisik.

“Memang besar untuk usulan Balikpapan Barat karena kegiatannya besar-besar, ada pembangunan jembatan Kampung Baru, dermaga atau pelabuhan, jembatan mangrove dan jembatan beton lainnya,” jelasnya, Rabu (5/4/2017).

Lanjut Nining, dari usulan itu masih harus dipilah lagi kegiatan mana yang menjadi prioritas di masing-masing kecamatan. Karena usulan dari sejumlah kecamatan itu, apabila dihitung sangat besar sementara kemampuan anggaran tidak sebesar yang ada di usulan.

“Jadi kita bahas dulu secara internal, mana saja yang menjadi prioritas untuk direalisasikan. Kita lihat juga kemampuan anggaran tahun ini,” pungkasnya.

Nining menjelaskan, usulan dari Musrenbang itu dari berbagai bidang di antaranya bidang fisik, sosial-budaya dan bidang ekonomi. “Bidang fisik setiap tahun memang mendominasi. Dari Musrenbang itu tercatat untuk fisik 71,02%, sosbud 18,9%, dan ekonomi 9,9%,” sebut Nining.

Sementara kemampuan anggaran Pemerintah Kota Balikpapan secara fiskal riil Rp262 miliar. Sumber dana tersebut berasal dari Dana Bagi Hasil.

“Itulah yang dibagi untuk seluruh kegiatan pada enam kecamatan, sekarang masih terus dibahas,” tutupnya.

Jurnalis: Ferry Cahyanti / Editor: Satmoko / Foto: Ferry Cahyanti

Komentar