OPD Diminta Gali Potensi PAD, Jangan Hanya Menunggu

0
24

RABU, 5 APRIL 2017

BALIKPAPAN — DPRD Balikpapan mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menggali potensi Pendapatan Asli Daerah, khususnya dinas penghasil pajak dan retribusi. Bahkan dinas juga harus berinovasi dalam meningkatkan PAD.

Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh.

Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh, menilai, apabila OPD hanya menunggu berarti OPD itu malas dan tidak memiliki inovasi dalam meningkatkan pajak dan retribusi.

“OPD itu jangan hanya menunggu, di Balikpapan masih banyak potensi yang bisa digali. Saya sudah turun ke lapangan untuk cek semua potensi retribusi, hasilnya tidak dikelola dengan sempurna,” katanya, Rabu (5/4/2017).

Abdulloh juga mendesak agar personil OPD lebih giat dan maksimal. Karena apabila tidak maksimal maka target PAD bisa tidak tercapai di tahun 2017.

“Tahun ini kan target PAD sebesar Rp615 miliar. OPD mesti giat dan maksimal untuk mencapai target,” ujar politisi Golkar ini.

Terpisah, Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, Sayid MN Fadli, menjelaskan, organisasi perangkat daerah yang mengelola retribusi dan pajak harus bekerja lebih dalam meningkatkan PAD. Karena melihat situasi saat PAD menjadi primadona.

“Sesuai arahan wali kota yang kelola retribusi harus lebih lagi kerjanya. Karena melihat situasi sekarang PAD jadi primadona. Sekarang saja, antara DBH dan PAD masih tinggi PAD. PAD target Rp615 miliar,” jelasnya saat ditemui media.

Untuk meningkatkan PAD tersebut, lanjutnya, strategi yang dilaksanakan di antaranya secara administratif aturan-aturan yang menyangkut retribusi harus disesuaikan atau di-update sesuai kondisi sekarang. “Karena ada Perda atau Perwali yang sudah cukup lama sehingga perlu disesuaikan situasi sekarang,” tandasnya.

Yang kedua, Fadli menyebutkan, identifikasi wajib pajak terutama yang menyangkut objek pajak dan retribusi.

Menurut Fadli, ada 20 retribusi yang diterapkan pemerintah namun dari hasil evaluasi ada 8 retribusi yang belum memenuhi target tahapan dan 12 sudah memenuhi target.

“Kita juga minta Dishub untuk melakukan terobosan dalam menggali retribusi parkir. Parkir tepi jalan potensinya cukup besar tapi tidak terkendali dengan baik sehingga bagaimana agar dapat bekerja sama rekrut tukang parkir binaan,” tambahnya.

Sekdakot Balikpapan, Sayid MN Fadli.

Fadli memberikan target kepada OPD yang memenuhi target retribusi agar untuk mengintensifkan lagi. “Kita kasih target dua bulan ke depan. Karena kita evaluasi lagi dua bulan lagi,” tutupnya.

Jurnalis: Ferry Cahyanti / Editor: Satmoko / Foto: Ferry Cahyanti

Komentar