Waspadai Longsor, BPBD Balikpapan Siagakan Personel 24 Jam

0
16

SELASA, 4 APRIL 2017

BALIKPAPAN — Mewaspadai bencana longsor dan banjir,  tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah Balikpapan menyiagakan personelnya 24 jam di enam pos yang tersebar pada sejumlah Kecamatan. Mengingat saat ini tengah musim penghujan dan 85 persen pemukiman di Balikpapan berada di kawasan perbukitan. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Balikpapan Suseno

“Yang harus diperhatikan wilayah Balikpapan merupakan wilayah perbukitan. Seperti di Kelurahan Sepinggan, Karan Rejo, Telaga Sari, Sumber Rejo, Gunung Samarinda, Batu Ampar, Baru Ulu, dan Baru Ilir,” jelas Kepala BPBD Balikpapan, Suseno, Selasa (4/4/2017).

Menurutnya, dalam mengantisipasi dan penanggulangan longsor pihaknya menyiagakan tim BPBD 24 jam di masing-masing pos. Lainnya juga melakukan koordinasi dengan pihak Basarnas, TNI, Polri, dan relawan lainnya.

“Kalau kita hanya mengandalkan BPBD tentu personilnya kurang. Namun kita bekerja efektif dan efisien dengan koordinasi tim di lapangan TNI, Polri dan Basarnas,” sebut pria berkacamata ini.

Selain itu, Suseno menyebutkan terdapat titik banjir baru apabila hujan ekstrem melanda kota minyak ini. Seperti depan kantor Polres Balikpapan dan kantor Pol PP yang berada di jalan Jenderal Sudirman sebelumnya tidak banjir, kini banjir.

“Yang tadinya tidak banjir jadi banjir. Banjir terjadi tidak hanya karena pengupasan lahan, tapi ditambah hujan yang ekstrem,” ulasnya.

Sementara daerah yang selalu mengalami banjir apabila hujan lebat yakni di ruas jalan aliran sungai Ampal, MT Haryono, dan kawasan Tugu Adipura.

Jurnalis : Ferry Cahyanti / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Ferry Cahyanti

Komentar