Djarot Harap Anis-Sandi Tidak Jual Saham Pemprov di Perusahaan Bir

0
21

KAMIS, 4 MEI 2017

JAKARTA — Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat berharap pasangan pemenang pemilihan gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017, Anies Baswedan-Sandiaga Uno untuk tidak menjual saham yang dimiliki Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta di PT Delta Djakarta Tbk.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Syaiful Hidayat

“Kalau menurut hemat kami, ya terserah nanti. Kalau kami, ya tidak, karena kepemilikan saham disitu (PT Delta Djakarta Tbk, red) cukup menguntungkan, dan kita anggap cukup bagus,” ujar Wagub yang akrab disapa Djarot itu di Balaikota, Gambir, Jakarta, Kamis (4/5/2017).

PT Delta Djakarta, ujar Djarot menambahkan, merupakan perusahaan produsen bir yang cukup besar berkontribusi terhadap pendapatan anggaran daerah (PAD) DKI Jakarta. Mantan Walikota Blitar itu mengatakan, kontribusi PT Delta Djakarta Tbk terhadap PAD DKI Jakarta mencapai sekitar Rp 40 miliar setiap tahunnya. Selain itu, perseroan itu juga membagikan deviden terhadap pemerintah.

“Terlepas dari permasalahan itu, memproduksi bir. Tapi, bagaimana pun juga, meski dijual kan bir tetap berproduksi. Sebetulnya, yang harus kita awasi itu adalah minuman keras, itu haram ya,” ujarnya.

Menurutnya, kontribusi dari PT Delta Djakarta ke PAD Pemprov DKI Jakarta memang tidak sebesar dari sektor pendapatan lain. Namun, menurut Djarot, dibanding BUMD yang lain, sumbangsih yang diberikan PT Delta Djakarta untuk pendapatan DKI dinilai cukup.

“PT Delta termasuk perusahaan daerah yang paling baik, daripada misalnya ada yang harus dijual terlebih dahulu itu misalnya saham transportasi taksi, PT Ratax Armada dan PT Cemani Toka distributor tinta,” tambahnya.

Untuk diketahui, Djarot memberikan komentar itu setelah sebelumnya ditanya oleh awak media tentang pernyataan Ketua Tim Pemenangan Anies Bawedan-Sandiaga Uno, Mardani Ali Sera, yang mengatakan rencana penjualan saham perusahaan PT Delta Djakarta sebagai perusahaan produsen bir itu akan dilaksanakan ketika nanti Anies Baswedan-Sandiaga Uno telah resmi menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta pada pelantikan yang akan digelar pada bulan Oktober mendatang.

Sebelumnya Mardani Ali Sera menyatakan jika ia ingin Pemprov DKI Jakarta berinvestasi di sektor-sektor yang bermanfaat saja. Jadi ia ingin ada keberkahan (dalam setiap usaha yang dijalankan Pemprov DKI Jakarta).

Ia menjelaskan, kedepannya, pihaknya berencana akan menjual semua saham PT Delta Djakarta Tbk., dan memikirkan untuk menjajaki usaha lain yang dijalankan badan usaha milik daerah (BUMD) yang lebih bermanfaat dan berkah untuk pemprov dan masyarakat Jakarta pada umumnya.
Namun, pihaknya juga membantah rencana penjualan saham tersebut sebagai langkah untuk menjadikan Jakarta yang bersyariah di bawah kepemimpinan Anies-Sandi.

Ia menyatakan jika langkah menjual saham yang dimiliki Pemprov DKI Jakarta di perusahaan bir ini bukan agar Jakarta lebih syar’i lagi. Tapi itu hanya menjalankan komitmen saja, termasuk merealisasikan program-program Anies-Sandi lainnya yang dikumandangkan saat kampanye pemenangannya pada waktu itu.

Jurnalis: Bayu Arsita M/Redaktur: ME. Bijo Dirajo/Foto: Bayu Arsita M

Source: CendanaNews

Komentar