Intip Wisata Air Sungai Cireong di Ciamis

0
18

MINGGU, 14 MEI 2017

CIAMIS —- Kekayaan alam di Kabupaten Ciamis  yang punya potensi menjadi tempat destinasi wisata baru. Terlebih saat ini tidak ada lagi obyek wisata unggulan yang dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dan mensejahterakan masyarakat sekitarnya. 

Suasana di Objek Wisata Sungai  Cireong.

Salah satu tempat yang berpotensi menjadi destinasi wisata yakni Sungai Cireong di Dusun Cireong, Desa Sukaresik, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Panorama alam dan sungainya mengalirkan air jernih sekalipun hujan karena terdapat bebatuan yang berukuran besar keistimewaanya.

Lokasi obyek  di bawah kaki Gunung Sawal menambah keindahan sekelilingnya yang hijau dengan pepohonan. Wisata air Sungai Cireong ini cocok untuk menghilangkan sejenak kesibukan dan beban pikiran. Jaraknya dari Jalan Raya Nasional Sindangkasih- Ciamis ke lokasi sekitar 5 kilometer.

Di sungai itu, baik orang dewasa maupun anak-anak bisa berendam, berenang atau hanya sekedar bermain air. Sungai itu  sengaja dibendung dengan bebatuan alami sehingga muncul kolam-kolam besar yang cukup dalam dan alami. Sungai itu tidak pernah keruh  meskipun banyak orang yang berenang.

Setiap akhir pekan ratusan pengunjung singgah sejak wisata Sungai Cireong itu dibuka dan dikelola oleh warga secara swadaya beberapa bulan lalu, meskipun sarana promosinya baru sampai mulut ke mulut. Pengunjungnya warga sekitar hingga dari beberapa daerah.

Namun sayang, destinasi wisata baru di Kabupaten Ciamis masih minim fasilitas umum seperti lahan parkir, arena bermain anak, hingga musala serta akses jalan yang masih rusak, sehingga tidak bisa dimasuki kendaraan seperti bus. Yang tersedia baru hanya kamar mandi bilas yang sengaja dibangun warga secara swadaya.

“Sekarang sedang ramai, Sabtu dan Minggu. Kalau hari-hari biasa ya biasa saja paling pengunjung hanya sampai 100 orang saja,” ujar salah seorang pengelola wisata air Sungai Cireong Abah Gumilar, saat ditemui di lokasi Sungai Cireong, Minggu (14/05).

Abah Gumilar  mengaku saat ini telah berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Desa setempat dan berharap bisa menambah fasilitas penunjang untuk tempat wisata tersebut. Sehingga tempat itu nantinya bisa menjadi salah satu andalan tempat wisata bagi Desa Sukaresik, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Tidak hanya itu, keberadaan wisata Sungai Cireong, ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar, ada beberapa warung jajanan yang telah berdiri di pinggiran sungai lokasi wisata. Bahkan beberapa diantaranya menyediakan paket nasi liwet.

Seperti penyedia nasi liwet Nining, mengaku banyak pengunjung yang memang tidak ingin ribet membawa bekal dari rumah sengaja memesan paket nasi liwet.

“Lumayan buat nambah-nambah biaya anak sekolah, sehari ada yang pesen nasi liwet satu paketnya itu untuk lima orang harganya berkisar Rp70 ribu, buat rombongan juga bisa tergantung pesanan,” kata Nining.

Kondisi Air di Sungai Cireong yang  Tak Pernah Keruh.

 
Jurnalis: Baehaki Efendi/Redaktur: Irvan Sjafari/Foto: Baehaki Efendi

Source: CendanaNews

Komentar