Menikmati Curug Penganten Nan Perawan

0
15

MINGGU, 7 MEI 2017

BANJAR — Curug Panganten, berlokasi di Dusun Sukamulya, RT 05, RT 02, Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat adalah destinasi wisata menawarkan panorama alam elok nan perawan, karena belum banyak terjamah wistawan.

Suasana Curug Penganten: Bila dikelola baik berptensi menjadi ikon wisata air.

Kelebihannya terletak pada ketinggian Curug Panganten, yang mencapai puluhan meter. Sedikitnya dari bawah hingga atas, terdapat tiga air terjun (curug) yang masih alami dan indah, serta dikelilingi oleh dinding bebatuan.

Umumnya pengunjung menikmati keindahan curug dengan berfoto bersama maupun berselfie, sambil menikmati sejuknya air curug dengan cara berenang. Keberadaan  sejumlah lapak penjaja makanan membuat pengunjung bisa bersantap seusai beraktivitas.

Keberadaan Curug Panganten yang lokasinya tidak jauh dari Jalan Nasional Banjar – Pangandaran, belum banyak orang yang mengetahuinya.

Salah seorang penggagas dibukanya Curug Panganten, sebagai salah satu tujuan wisata, Mamay Rahmat, Minggu (07/05) mengungkapkan awalnya dirinya tidak mendapatkan dukungan dari pihak manapun.  Dia harus mengeluarkan biaya yang cukup besar, untuk mengembangkan objek wisata tersebut.

“Pada awal pembukaan Curug Panganten ini, saya tidak mendapatkan dukungan dari pihak manapun, bahkan tidak sedikit uang tabungan saya yang dipergunakan untuk biaya operasional pengembangan curug ini” ucap Mamay.

Setelah ramai pengujung, barulah kami mendapatkan dukungan dari pihak Desa Sukamukti, untuk bersama-sama menata dan mengembangkan Curug Panganten ini. Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih dan Wakil Wali Kota Darmadji  pernah menyempatkan berkunjung ke lokasi wisata ini.

“Alhamdullilah setelah ramai pengunjung, kami mendapatkan dukungan dari semua pihak, untuk bersama-sama membangun dan menata Curug Panganten,” kata Mamay.

Terpisah, Kepala Desa Sukamukti, Yosep Firmansyah, berharap Pemerintah Kota Banjar, bisa membangun dan menjadikan Curug Panganten ini, sebagai salah satu tempat wisata alam favorit di Kota Banjar.

“Saya berharap Pemerintah Kota Banjar, melirik ikon wisata air yang terletak di Desa Sukamukti ini. Curug Panganten kini, sudah mulai ramai pengunjung, tinggal penataan dan pembangunan fasilitas saja, seperti akses jalan, toilet, kamar mandi, musala, tempat istirahat pengunjung, dan penataan kios-kios para pedagang,” ucapnya.

Jurnalis: Baehaki Efendi/Redaktur: Irvan Sjafari/Foto: Baehaki Efendi
Source: CendanaNews

Komentar