Navigasi Laut dan Donasi Alat Sekolah Isi Giat Krida Reksa Saka Bahari

0
15

MINGGU, 14 MEI 2017

LAMPUNG — Satuan karya (Saka) Bahari Pos Pengamatan TNI Angkatan Laut Kalianda Lampung Selatan menggelar kegiatan rutin latihan tahap Krida Reksa Bahari. Pada tahap ini kegiatan latihan berupa, pemahaman krida reksa, navigasi laut, kunjungan ke perpustakaan rumah anak bahari dan tatap muka dengan Kepala Desa Merakbelantung Kecamatan Kalianda. 

Aktivitas Pramuka Saka Bahari Lampung Selatan.

Menurut Rifki Ardi Julian selaku ketua Pemangku Adat Saka Bahari Posmat TNI AL Kalianda kegiatan tersebut merupakan aktivitas rutin yang dilakukan Saka Bahari sekaligus aksi kepedulian kepada anak anak usia sekolah di wilayah pesisir pantai Kalianda.

Latihan tahap krida reksa bahari diikuti oleh puluhan anggota Pramuka Saka Bahari Lampung Selatan. Selain diisi dengan aktivitas latihan standar, mereka juga melakukan kegiatan donasi baju layak pakai serta baju baru, buku buku pelajaran, buku cerita dan alat alat sekolah lain di Desa Merak Belantung.

Selain kegiatan teoritis penggunaan navigasi laut kegiatan juga akan dilanjutkan dengan kegiatan nyata yang memberi kesempatan peserta didik untuk menerapkan sendiri pengetahuan dan kecakapannya dengan menggunakan perlengkapan yang sesuai dengan keperluannya.

“Selain sebagai sebuah kegiatan rutin dengan adanya krida reksa bahari para anggota Saka Bahari bisa melakukan upaya pelestarian laut khususnya di wilayah Kalianda yang memiliki potensi laut cukup banyak,” terang Rifki saat dikonfirmasi Cendana News,Minggu (14/5/2017)

Penerahan donasi ditujukan pada Desa Merak Belantung sebagai salah satu desa yang berada di dekat pesisir pantai Barat Lampung Selatan. Penyerahan secara simbolis langsung diterima oleh Yumhari HR selaku Sekretaris Desa Merak Belantung untuk dibagikan kepada anak anak kurang mampu di desa tersebut.

Khusus untuk seragam sekolah yang diberikan,Rifki menyebut merupakan baju baju seragam dari tingkat SD,SMP,SMA bahkan tas sekolah yang diberikan oleh para siswa yang telah lulus dengan memilih menyumbangkan seragam sekolahnya dibanding melakukan aksi mencoret seragam sekolah saat merayakan kelulusan.

Bentuk kepedulian mendonasikan seragam sekolah sekaligus memotong mata rantai dan tradisi tidak baik merayakan kelulusan dengan mencoret seragam sekolah yang justru tidak bisa digunakan.

Aksi donasi oleh Saka Bahari Lampung Selatan bidang giat dan operasional krida reksa bahari tersebut diakuinya sudah diumumkan sebelumnya sejak satu bulan sebelumnya. Aksi peduli generasi muda tersebut pun sudah ditentukan sebelumnya dengan pengumpulan seragam sekolah layak pakai dari jenjang SD hingga SMA baru dan layak pakai.

Sementara untuk kriteria buku yang didonasikan berupa buku sejarah, buku cerita dongeng, buku pelajaran SD hingga SMA, buku novel pembangun karakter.

“Buku buku yang dikumpulkan di sanggar saka Bahari Posmat TNI Angkatan Laut dipergunakan untuk menambah koleksi perpustakaan anak anak bahari”ungkap Rifki.

Sementara itu Sekretaris Desa Merak Belantung Yumhari HR mengungkapkan mendukung langkah Saka Bahari yang menyumbangkan berbagai alat dan keperluan sekolah bagi anak anak di pesisir pantai tersebut.

Selain sebagai bentuk dukungan kepada anak anak nelayan aktivitas Saka Bahari Posmat TNI AL juga ikut membantu masyarakat dalam melestarikan ekosistem perairan di antaranya penanaman pohon bakau serta pembersihan pantai.

Ia berharap anggota Pramuka khususnya Saka Bahari bisa menjadi contoh bagi masyarakat yang tinggal di pesisir pantai dalam hal kepedulian dan menjaga ekosistem perairan laut dan pantai.

Jurnalis: Henk Widi/Redaktur: Irvan Sjafari/Foto: Henk Widi
Source: CendanaNews

Komentar