Pencairan DD, Semua Desa di NTB Diminta Rampungkan SPJ

0
17

KAMIS, 4 MEI 2017

MATARAM — Untuk bisa segera mencairkan Dana Desa (DD), semua Kepala Desa (Kades) di seluruh Kabupaten Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) diminta segera merampungkan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) terkait penggunaan DD dan hasil evaluasi APBDes.

Kepala BPMPD NTB, Rusman

“Untuk bisa mencairkan DD, syaratnya Kades harus menyerahkan SPJ penggunaan DD, tahun lalu, termasuk hasil evaluasi APBDes, dengan demikian pembangunan bisa dijalankan,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa (BPMPD) NTB, Rusman di Mataram, Kamis (4/5/2017).

Menurut Rusman, SPJ dan hasil evaluasi APBDes dari Kabupaten ke Provinsi, baru lima kabupaten yang menyerahkan, antara lain, Kabupaten Lombok Utara, Dompu, Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat. Sementara, tiga Kabupaten lain, yaitu Kabupaten Bima, Sumbawa Barat dan Sumbawa, hingga sekarang belum menyerahkan.

“Sementara ini, dari semua kabupaten yang ada, baru Lombok Utara yang melakukan pencairan DD sebanyak 15 desa dari 33 desa, sementara sisanya masih merampungkan SPJ dan menunggu hasil evaluasi APBDes,” kata Rusman.

Sementara untuk Kabupaten Lombok Tengah, baru-baru ini  progresnya hasil evaluasi APBDes dan SPJ semua desa telah mencapai 90 persen dan direkomendasikan untuk segera dicairkan. Rusman berharap kepada semua desa, supaya sesegera mungkin merampungkan SPJ penggunaan DD, tahun lalu, termasuk hasil evaluasi APBDes, supaya pencairan tahap pertama bisa rampung semua bulan Mei 2017. “Semakin cepat penyerahan SPJ dan hasil evaluasi APBDesnya, maka akan semakin cepat pencairan DD, sehingga pembangunan desa juga bisa segera berlangsung,” pungkasnya.

Jurnalis: Turmuzi/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Turmuzi

Source: CendanaNews

Komentar