Sistem Tiket Elektronik Bermasalah Sebabkan Macet di Pintu Masuk Pelabuhan

0
13

JUMAT, 5 MEI 2017

LAMPUNG — Ratusan kendaraan berbagai jenis dari Pulau Sumatera menuju ke Pulau Jawa terpaksa menunggu cukup lama akibat sistem pintu tiket elektronik di gerbang pembelian tiket tidak terbuka. 

Kemacetan akibat sistem tiket elektronik bermasalah

Joni (40), salah satu pengemudi jurusan Lampung Jakarta menyebutkan, kejadian macetnya pintu palang otomatis tersebut sudah terjadi hampir puluhan menit. Akibatnya antrian tak bisa dihindarkan mengular hingga ke stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Bakauheni atau sekitar satu kilometer dari pintu keluar dan pintu masuk Pelabuhan.

Joni menyebutkan, terganggunya sistem palang elektronik membuatnya mengantri cukup lama, bahkan belum ada kepastian kapan sistem akan diperbaiki. Akibat semua gerbang loket pembelian tiket belum bisa dibuka semua jenis kendaraan di beberapa gerbang (line gate) bahkan terpaksa menunggu hampir selama 60 menit .

“Kita tunggu hingga sistem diperbaiki tapi sebagian besar kendaraan jenis bus dan truk serta kendaraan pribadi sudah semakin mengular bisa berkilo-kilo meter jika sistem tidak segera diperbaiki bahkan kapal kapal bisa kosong jika jadwalnya harus berangkat”ungkap Joni salah satu pengemudi kendaraan truk ekspedisi pembawa sayuran dari Lampung tujuan Jakarta saat berbincang dengan Cendana News,Jumat malam (5/5/2017)

Kerusakan pintu palang elektronik yang belum diketahui penyebabnya tersebut hingga kini masih terus dilakukan upaya perbaikan oleh petugas dari PT Mata Pencil Globalindo selaku pihak ketiga yang bekerja untuk PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Bakauheni. Sementara itu pihak PT ASDP cabang Bakauheni saat dikonfirmasi Cendana News melalui manager operasional PT ASDP Bakauheni, Jefri Hendri belum bisa dikonfirmasi terkait kerusakan sistem tiket elektronik yang berimbas kemacetan panjang di pintu masuk pembelian tiket kendaraan tersebut.

Akibat kendaraan yang belum bisa membeli tiket di pintu masuk pelabuhan ratusan kendaraan yang tertahan hingga Jalan Lintas Sumatera KM 1 Bakauheni bahkan semakin mengular ditambah arus kendaraan dari arah Jalan Lintas Timur dan Jalan Lintas Sumatera. Petugas Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni dan satuan polisi lalu lintas pos Bakauheni bahkan melakukan pengaturan lalulintas di pertigaan Menara Siger titik pertemuan Jalinsum dan Jalan Lintas Timur.

Pengaturan lalu lintas dilakukan oleh personil KSKP dan satuan lalu lintas terutama pintu masuk Pelabuhan Bakauheni yang mengalami penyempitan dengan adanya pembangunan jalan layang tepat di depan loket pembelian tiket. Hingga menjelang pukul 21:00 WIB antrian kendaraan bahkan terus mengular hampir dua kilometer mendekati Dusun Siring Itik Bakauheni dan sebagian pengemudi dan kernet memilih menunggu di pinggir jalan menunggu sistem kembali normal.

Jurnalis : Henk Widi / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Henk Widi

Source: CendanaNews

Komentar